Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cepat Format Flashdisk Sampai Bersih Lewat CMD

Bingung cara format Flashdisk yang tepat sampai bersih ???

Saat akan menghapus atau memformat seluruh isi data didalam flashdisk, kebanyakan orang biasanya akan melakukanya melalui Windows Explorer atau klik kanan lalu langsung Format. cara ini memang paling mudah bagi pengguna awam dan pemula. tetapi ada cara format flashdisk lainya, yang bisa menjadi salah satu opsi saat akan memformat flashdisk sampai bersih yaitu melalui CMD ( Command Prompt. 

Ketika kalian memformat flashdisk menggunakan CMD dirasa lebih bersih dan bisa mengatasi troubleshooting saat terjadi masalah di flashdisk kalian. misalnya pada kasus flashdisk yang Write Protected atau tidak terbaca oleh system windows, kita bisa mengatasinya dengan menggunakan Diskpart yang di jalankan di CMD (Command Prompt).

Cara Cepat Format Flashdisk Sampai Bersih Lewat CMD

Untuk itu kita akan memberikan langkah-langkah untuk memformat flashdisk menggunakan CMD yang didalamnya kalian bisa atur berbagai hal seputar media penyimpanan seperti partisi, attributes, dan volume flashdisk.

Berikut Cara Memformat Flashdisk Menggunakan CMD ( Command Prompt )

1.    Pertama masukan / colok Flashdisk yang ingin di format ke Laptop / Komputer kalian.
2.    Buka CMD (Command Prompt) Run as Administrator.
3.    Ketikan perintah pertama, yaitu Diskpart untuk masuk ke dalam Utility.
4.    Ketikan lagi List Disk untuk melihat disk yang aktif.
5.    Penting! perhatikan nomor disk yang akan kamu format, jangan sampai salah pilih.
6.    Pastikan size yang terlihat sama dengan kapasitas Flashdisk yang akan di format.
7.    Jika sudah ketikan perintah Select Disk # adalah nomer sesuai Flashdsik.

8.    Ketikan perintah Clean untuk menghapus seluruh isi data dalam Flashdisk.
9.    Kemudian ketikan kembali List Disk jika terdapat tanda * pada sisi kiri berarti masih aktif dan                   sesuai. jika tidak sesuai kamu bisa ketikan ulang perintah pada nomor 7.
10.  Kemudian ketikan Create Partition Primary kemudian .ketikan lagi Select Partition 1
11.  Kemudian ketikan Active untuk mengaktifkan partisi.

12.    Langkah selanjutnya adalah melakukan formatting dengan format NTFS dan memberikan nama,             ketikan perintah Format FS=NTFS label=user-drive quick. Kamu bisa mengganti nama                     ditulisan warna merah sesuai yang kalian inginkan untuk nama Flashdisk kalian.
13.    Dan yang terakhir perintah Assign Letter=G untuk memberikan driver letter, kamu bisa                         mengubah yang tulisan warna merah dengan letter yang kamu mau.


Sudah selesai, kalian bisa menutup CMD kalian dengan mengetik exit untuk keluar dari utility diskpart atau bisa juga langsung menutu jendela (X).

Selamat!! Flashdisk kalian sudah bersih lagi .


Dan itulah cara format Flashdisk via CMD ( Command Prompt ), semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian lagi dalam memformat flashdisk dengan opsi lain, silahkan jika ada pertanyaan kalian bisa langsung bertanya di kolom komentar, Terimakasih







Posting Komentar untuk "Cara Cepat Format Flashdisk Sampai Bersih Lewat CMD"